Kamis, 20 Agustus 2009

o Gunung Karang-Pandeglang

    Kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang, karena Kabupaten Pandeglang yang terletak di Provinsi Banten ini juga memiliki potensi objek wisata yang cukup menarik dan indah. Objek pariwisata di Pandeglang ini dapat menjadi alternatif tempat tujuan anda dan keluarga untuk berlibur ataupun rileks mencari suasana baru yang lain, jika anda belum pernah mengunjungi objek wisata di Pandeglang. Luas wilayah Kabupaten Pandeglang adalah 2.747 km2 dengan jumlah penduduk pada tahun 2008 sekitar 1,585 juta jiwa. Kabupaten Pandeglang terdiri atas 35 kecamatan yang pusat pemerintahannya berada di kecamatan Pandeglang. Kabupaten Pandeglang berbatasan dengan Kabupaten Serang di utara, Kabupaten Lebak di timur, Samudera Indonesia di sebelah barat dan selatan. 
     Banten memang dikenal kaya potensi wisata spiritual. Kalau daerah Banten Lama di Kabupaten Serang, misalnya, dikunjungi ribuan wisatawan setiap liburan karena memiliki kawasan wisata peninggalan Sultan Banten – yang antara lain berisi Benteng Surosowan, Mesjid Agung, Klenteng Kuno dan sejumlah makam keluarga Sultan Hasanudin, maka Kabupaten Pandeglang, 20 km dari Kota Kabupaten Serang, juga dikenal karena memiliki kawasan wisata Gunung Karang.
    Dalam buku potensi usaha pariwisata Kabupaten Pandeglang yang diterbitkan 7 tahun silam, disebutkan kawasan wisata Gunung Karang memiliki 3 objek kunjungan.         
    Objek kunjungan pertama disebut Sumur Tujuh. Objek kunjungan kedua, Kolam Renang Cikoromoi yang dilengkapi tempat penziarahan Cibulakan. Objek penziarahan itu menjadi menarik diamati pengunjung, karena dikolam pemandiannya terdapat Batu Qur’an, batu berukuran besar terletak di dasar kolam dan bertuliskan huruf-huruf arab. Diperkirakan batu bertuliskan huruf arab itu sudah berusia lebih 5 abad. dan objek kunjungan yang ketiga disebut pemandian air panas Cisolong.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Dresses. Powered by Blogger